Kamis, 01 Februari 2018

Menganal kuliner khas simalungun

Mengenal Kuliner Khas Simalungun

Yo ayoooo, yang belum  makan cobain makanan khas dari Simalungun.   🙂 🙂
Pastinya sudah tidak asing kan dengan nama kota Simalungun ini??? Iya, kota yang berada di Provinsi Sumatera Utara yang beberapa waktu lalu sempat menjadi trending topik di berita-berita, di karenakan adanya penundaan pelantikan Bupati yang terpilih. Pastinya pada tahu kan nama Bupati yang pelantikannya ditunda itu, yap itu dia JR Saragih. Terkenal bukan, selain berita-berita yang datang dari bapak Bupati Simalungun Jr Saragih itu, Simalungun juga terkenal mempunyai kuliner-kuliner yang bisa membuat kalian-kalian ketagihan untuk mencoba dan mencoba lagi. Pastinya pada penasaran kan, apa aja sih makanan-makanan itu. Yuk kita intip bareng-bareng.
1. Bubur Panyabungan
bubur-pedas-khas-langkat-_150713102217-870
Bubur Pedasnya Simalungun
Tentunya sudah pada tahu kan bahan utama dari makanan ini, dari namanya saja sudah kelihatan bukan. Yap, makanan yang berbahan dasar bubur dan dipadukan dengan kuah santan yang kental ditambah irisan daun mangkokan, daun jambu, dan ketumbar serta ada sentuhan rasa pedas ini menjadi makanan khas wajib saat bulan puasa. Biasanya Bubur Panyabungan ini sering diolah di masjid-masjid dengan porsi buka puasa. Jadi intinya, jika anda sedang berpuasa di kota ini, dan ikut beerbuka puasa di masjid pasti akan menjumpai makanan ini.
2. Manuk Na Niatur
7430699898_abb0dda1da_z
Manuk na Niatur” makanan olahan berbahan Ayam khas Masyarakat Simalungun
Makanan khas Simalungun ini berisi potongan-potongan ayam yang diolah dengan beragam bumbu dan kelapa yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang dan gulai. Makanan ini banyak dijumpai pada acara-acara adat di Simalungun. Tapi tenang saja kita sekarang bisa bebas menikmatinya kapan saja, karena resep makanan ini tidak terlalu sulit, atau apabila kita berkunjung dirumah keluarga, kita bisa meminta mereka untuk memasaknya. Mudah kan kakak, ingat kata-kata elfa ini “Akan Selalu Ada Jalan Untuk Makan”.Hahahah
3. Toge Panyabungan
t1
Bubur Pedasnya Simalungun
Kalau tadi membahas makanan, selanjutnya saya akan membahas minumanya. Kalau ga tenggorokan kita bakal seret kalau Cuma makan saja. Yang satu ini memang minuman wajib dan khasnya waktu puasa, sebutannya saja “Serambih Makkah”, yang tentunya Serambi Makkahnya khas dari Simalungun, Sumatera Utara. Namanya juga spesial puasa, jadi makanan ini termasuk jenis musiman. Hanya dijumpai waktu bulan puasa saja ya kak. Ingat waktu PUASA. Jangan dilihat dari namanya, mentang-mentang namanya Toge, kita kira bahan utamanya sayuran. Minuman ini berupa racikan bahan lupis, candil, pulut hitam, tapai, cendol, yang disiram santan dan gula aren, tentunya rasanya endos gandos.
Itu hanya sedikit cuplikan saja, kalau anda sedang berkunjung ke daerah Simalungun sudah jangan khawatir untuk mecari kuliner-kuliner tersebut. Sekarang ini Simalungun sudah mempunyai Rest area yang berada didaerah Purba yang baru diresmikan oleh Bupati Simalungun JR Saragih bulan April 2015 lalu. Disana kalian akan menemukan berbagai jenis kuliner yang disajikan oleh warga Simalungun. Sambil menikmati makanan-makanannya anda juga akan disuguhi pemandangan yang indah. So, jangan lupa berkunjung ya…. 🙂 🙂 🙂

3 komentar: